Apakah Blogger Masih Menjanjikan? - INIRUMAHPINTAR.com

Apakah Blogger Masih Menjanjikan?

INIRUMAHPINTAR.COM - Menjadi sebuah dilema bagi para penggiat blogger baik pemula maupun sepuh? Apakah menjadi blogger dengan menyajikan artikel-artikel original saat ini masih menjanjikan? Tentu saja dalam hal penghasilan. Jika hanya sekadar menulis sebagai hobi, maka itu memiliki perspektif yang berbeda.

Apakah ada teman-teman yang merasa jika blog yang dibangun oleh individu saat ini telah dan sedang tergerus oleh webstite premium yang dikelola oleh perusahaan atau organisasi. Bukan hanya dari segi produktivitas, tetapi juga dalam hal promosi, optimisasi, keberagaman konten. 

Tentu saja, dari sisi keseriusan pengelolaan web atau blog, baik individu maupun organisasi masih dapat berimbang. Apalagi bidang ini masih berkaitan dengan industri kreatif.

Hanya saja, topik-topik bahasaan yang terbit menjadi artikel tidak lagi berfokus pada landasan utama bahkan prinsip dasar pembuatan web atau blog.

Coba perhatikan di mesin pencari, sejak masa-masa pandemi, di mana pembelajaran online terpaksa harus dilakukan. Hampir semua platform menjelma menjadi web pendidikan yang menyajikan informasi terkait pembelajaran.

Dan itu berlanjut sampai sekarang. Website berita yang dulunya fokus pada sajian berita terbaru, ikut-ikutan menulis tentang topik-topik umum yang biasanya dibuat oleh blog individu.



Dunia betul-betul bagai hutan rimba. Semua serba liar dan bergerak sesuai ambisi. Bukan lagi respek yang berlandaskan nurani. Begitulah kini nasib para pejuang blogger, harus berjuang sendiri.

Namun, peluang selalu ada karena dunia selalu berubah. Kreativitas terus berkembang dan ide-ide terus terlahir.

Oleh karena itu, yang bertahan dari dunia blogger personal adalah keotentikan, yang bersumber dari kemurnian ide tulisan. Bukan hasil salinan dari sumber lain atau produk kecerdasan buatan, yang tidak mampu menembus dimensi rasa manusia sebagai makhluk sempurna. 

Semua butuh waktu. Tiada kata terlambat. Berproseslah walau pelan!

Semoga dunia blog akan tetap baik-baik saja sehingga para penggiatnya masih tetap dapat menikmati hidup tanpa harus mengubah jati dirinya atau memanfaatkan potensinya untuk aktivitas yang merugikan pihak lain. 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!